tips memilih hosting

Bagi website, layanan hosting menjadi hal yang sangat penting. Hal itu dikarenakan hosting mampu menunjang performa website. Namun, saat ini ada banyak layanan hosting yang menjadikan pemula bingung menentukan hosting terbaik dan sesuai kebutuhan mereka.

Sebenarnya, apa itu hosting? Hosting adalah layanan yang berfungsi menyimpan seluruh data website. Umumnya, hosting mempunyai berbagai jenis seperti shared hosting, vps hosting, dedicated hosting, cloud hosting, dan email hosting

Karena ada banyak jenis hosting, di sini kami memberikan ulasan lengkap tentang cara memilih hosting yang tepat dan sesuai kebutuhan. Tips memilih web hosting berikut bisa membantu Anda untuk meningkatkan kinerja dan keberhasilan website.

Kenapa Memilih Web Hosting Itu Penting?

Pemilihan web hosting tidak boleh sembarangan. Mengapa? Beberapa alasan berikut bisa menjadi jawabannya.

Meningkatkan Kredibilitas

Salah satu tujuan pembuatan website adalah untuk meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas Anda atau bisnis Anda. Dengan memilih hosting yang tepat, website terlihat lebih profesional. Hal itu mampu membantu Anda meningkatkan branding.

Jika Anda memilih domain dan hosting gratis, tentu orang-orang akan berpikir bahwa website Anda tidak kredibel dan profesional. Jadi, pengguna lebih percaya pada website yang menggunakan domain dan hosting mandiri.

Mempunyai Sistem Keamanan yang Baik

Beberapa jenis layanan hosting juga menyediakan sistem keamanan yang baik. Hal itu bisa membantu meningkatkan keamanan website Anda, sehingga website tidak akan mudah diretas. Oleh karena itu, Anda perlu memilih hosting yang menyediakan sistem keamanan yang bagus.

Aset Tersimpan dengan Aman

Saat menggunakan hosting, semua aset website bisa diunggah dan disimpan di hosting. Itu bisa mengamankan semua data Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan aset-aset tersebut kecuali Anda menghapusnya sendiri.

Mudah Dimodifikasi

Website membutuhkan modifikasi seperti penambahan plugin atau pengubahan tema. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya tarik website di mata pengguna. Nah, Anda bisa mudah memodifikasi website jika menggunakan hosting. Bahkan, proses modifikasi yang dilakukan bisa berjalan lebih lancar.

Kriteria Web Hosting Terbaik


Jika Anda diberikan pertanyaan berupa “sebutkan beberapa faktor pertimbangan dalam memilih layanan hosting,” apakah Anda mengetahui apa saja faktor penting yang menjadi pertimbangan untuk memilih web hosting? Nah, para pemilik website, khususnya pemula, kesulitan dalam menentukan kriteria tersebut.

Padahal, kriteria web hosting terbaik harus menjadi pengetahuan dasar yang Anda miliki sebelum memilih layanan hosting. Namun tenang saja, berikut kami jelaskan beberapa kriteria penting dalam memilih web hosting untuk website Anda.

Keamanan

Keamanan menjadi faktor penting dalam memilih hosting. Jika penyedia hosting tidak memberikan keamanan yang bagus untuk website Anda, maka sebaiknya Anda mencari hosting lain. 

Keamanan menjadi kriteria penting karena itu bisa membantu website untuk terhindar dari ancaman kejahatan online. Keamanan tersebut juga bisa mencegah serangan virus atau malware.

Layanan 24/7

Selain keamanan, kriteria penting lainnya dalam memilih web hosting adalah adanya layanan 24 jam. Adanya layanan 24/7 tersebut bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah terkait dengan hosting yang Anda gunakan. Oleh karena itu, pilihlah layanan hosting yang menyediakan layanan Customer Support 24/7.

Kecepatan

Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah kecepatan hosting. Kecepatan tersebut sangat berpengaruh pada waktu loading website. Jika waktu loading website cepat, maka itu akan mempengaruhi reputasi website.

Uptime Server

Uptime server adalah jumlah hitungan waktu online pada server. Uptime server dinyatakan dalam persentase 1-100%. Jadi, semakin tinggi uptime server, maka semakin bagus performa server yang digunakan.

Jika uptime server tinggi, maka itu juga akan mempengaruhi SEO. SEO yang bagus akan menjadikan website mendapatkan ranking tinggi di SERP. Jadi, website mudah ditemukan oleh pengguna dan memperoleh trafik yang tinggi.

Harga

Harga juga menjadi salah satu kriteria penting dalam memilih layanan hosting. Banyak orang yang batal menggunakan hosting dari penyedia tertentu karena masalah harga. Padahal, ada layanan hosting dengan harga terjangkau seperti OceanHoster. Di OceanHoster, Anda bisa memperoleh web hosting terbaik mulai dari Rp9.900 saja per bulannya.

Tips Memilih Hosting Terbaik


Selain 5 kriteria di atas, ada beberapa hal yang masih harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih layanan hosting. Oleh karena itu, di sini kami berikan tips memilih web hosting terbaik.

Pahami Kebutuhan Website

Pertama, pahami terlebih dahulu kebutuhan website Anda. Dengan memahami kebutuhan website, Anda bisa menentukan hosting yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Ini akan memudahkan Anda dalam memilih penyedia layanan hosting yang tepat.

Misalnya, Anda ingin membuat website untuk toko online. Maka, Anda membutuhkan website dengan kapasitas yang besar, khususnya untuk toko online yang sudah besar.

Proses Pembuatan Website

Dalam membuat website, Anda harus menentukan proses pembuatan dan pengelolaannya. Hal ini juga mempengaruhi jenis hosting yang bisa digunakan. Karena beberapa jenis penyedia hosting menawarkan paket khusus untuk CMS tertentu, maka Anda bisa memilih hosting yang sesuai dengan jenis CMS yang ingin digunakan untuk membangun atau mengelola website Anda.

Ketersediaan Jaringan yang Memadai

Tips memilih web hosting yang selanjutnya adalah memastikan bahwa layanan hosting yang dipilih mempunyai ketersediaan jaringan yang memadai. Jika hosting tersebut mempunyai jaringan yang memadai, maka website bisa terhindar dari downtime.

Fitur dan Fasilitas

Hal lain yang harus diperhatikan adalah fitur dan fasilitas. Jadi, Anda harus memperhatikan detail fitur yang disediakan oleh penyedia hosting, khususnya terkait dengan proteksi dan keamanan. 

Anda juga harus memilih hosting yang menyediakan jaminan atau garansi. Jika itu tidak dijelaskan secara detail, Anda bisa menanyakannya secara langsung kepada penyedia layanan hosting terkait.

Lokasi Server

Anda juga harus mengecek lokasi server yang tersedia. Misalnya, Anda menargetkan audiens di Indonesia, maka sebaiknya Anda memilih penyedia hosting yang mempunyai server di wilayah Indonesia. Mengapa? Pasalnya, semakin dekat lokasi server dengan target audiens, maka semakin mudah pengguna dalam mengakses website Anda.

Opsi Backup

Saat ini, jumlah serangan cyber semakin meningkat. Oleh karena itu, penting untuk memilih layanan hosting yang menyediakan backup. Dengan adanya fitur backup tersebut, semua data akan terjamin keamanannya. Bahkan, Anda bisa mendapatkan semua data tersebut jika hilang sewaktu-waktu.

Platform

Jenis platform juga bisa digunakan untuk menentukan jenis hosting yang tepat untuk digunakan. Contohnya adalah platform WordPress untuk membangun blog pribadi. Jika Anda menggunakan WordPress untuk membuat website, maka Anda perlu menggunakan layanan hosting yang menyediakan WordPress hosting.

Cek Syarat dan Ketentuan

Sebelum memilih layanan hosting, pastikan Anda sudah memahami syarat dan ketentuannya. Memahami syarat dan ketentuan bisa membantu Anda untuk mengetahui berbagai hal yang harus dipenuhi dan meminimalisir kesalahan dari penyedia hosting. Ini juga bisa membantu Anda memahami bahwa tidak ada syarat dan ketentuan yang hanya menguntungkan satu pihak saja.

Potensi Trafik yang Tinggi

Pasti semua pemilik website ingin memperoleh trafik yang tinggi. Karena itulah, Anda perlu memilih layanan hosting yang mempunyai potensi trafik tinggi. Hosting yang berpotensi meningkatkan trafik adalah hosting yang mempunyai kualitas yang bagus.

Harga Layanan

Tips memilih web hosting yang terakhir adalah berkaitan dengan harga layanan hosting. Anda juga harus membandingkan harga layanan dari satu penyedia hosting dengan penyedia lainnya.

Pastikan bahwa harga tersebut sebanding dengan kualitas yang diberikan. Jangan sampai Anda memilih hosting dengan harga murah, tetapi mempunyai layanan yang buruk.

Itulah 10 tips memilih web hosting yang bisa membantu Anda mendapatkan hosting terbaik untuk website Anda. Jika Anda masih bingung memilih web hosting yang bagus, Anda bisa menggunakan hosting dari OceanHoster. 

Sebagai penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia, OceanHoster mempunyai Customer Support 24/7 yang bisa membantu Anda untuk menentukan jenis hosting yang tepat dan sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, OceanHoster juga memberikan jaminan keamanan, unlimited bandwidth, backup, hingga uptime server 99,99%!

Annisa Fauziyah

A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.