domain .net

Domain .net adalah jenis domain yang banyak digunakan di Indonesia. Sebagai salah satu Top Level Domain, .net mendapatkan kepercayaan dari para pengguna karena .net merupakan jenis domain tingkat atas yang bisa digunakan secara universal.

Meskipun tidak sepopuler .com, tetapi .net mempunyai keunggulan yang menjadikannya layak dijadikan opsi domain terbaik untuk website. Nah, di sini Anda bisa memahami lebih dalam tentang apa itu domain .net beserta dengan keunggulannya!

Apa Itu Domain .NET

Domain .net adalah kependekan dari network (jaringan). Oleh karena itu, net adalah nama domain untuk perusahaan di bidang teknologi jaringan. Namun, kini domain tersebut tidak hanya digunakan oleh perusahaan teknologi jaringan saja, tetapi juga oleh berbagai bisnis dan blog pribadi.

Karena .net adalah jenis gTLD (Generic Top Level Domain), domain tersebut bisa digunakan oleh semua pengguna untuk berbagai kebutuhan tanpa ada syarat apapun. Jadi, Anda bisa menggunakan domain ini jika tidak ada pilihan domain lain sesuai dengan nama domain yang diinginkan.

Sejarah Domain .NET

Domain .net sudah ada sejak tahun 1985 bersama dengan enam jenis domain lainnya seperti .com, .org, .mil, .us, .gov, dan .edu. Sebelum .net diperkenalkan ke publik, komunikasi melalui jaringan internet sulit dikelola karena banyaknya jumlah pengguna internet. 

Namun, kehadiran domain .net memberikan kemudahan pengelolaan komunikasi menggunakan jaringan internet. Domain tersebut sebenarnya diawali oleh perilisan RFC 920 yang dilakukan oleh Postel di University of Southern California’s Information Sciences Institute pada tahun 1984. Itu berisi persyaratan untuk membuat domain baru di komunitas DARPA dan ARPA-Internet.

Persyaratan itulah yang menjadi titik awal terciptanya domain .net. Sementara itu, pihak pertama yang menggunakan .net adalah NORDUnet. Itu adalah program kolaborasi yang dibiayai oleh Dewan Menteri Nordik. Saat itu, domain yang didaftarkan adalah nordu.net.

Kelebihan Domain .NET

Sebenarnya, domain .net bisa digunakan untuk jenis bisnis apapun, bukan hanya perusahaan teknologi jaringan saja. Agar lebih yakin menggunakan domain ini untuk bisnis Anda, Anda perlu mengetahui kelebihan-kelebihan utama dari domain .net tersebut.

Lebih Kredibel

Karena .net adalah jenis TLD yang dirilis bersamaan dengan .com, maka .net telah memperoleh kepercayaan publik. Jadi, penggunaan .net sebagai domain bisa meningkatkan kredibilitas website. Hal itu karena banyak pengguna internet yang percaya bahwa website dengan ekstensi .net memang orisinil dan mempunyai kualitas yang bagus.

Cocok untuk Bisnis Besar dan Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, .net bisa digunakan oleh berbagai jenis bisnis, baik bisnis teknologi atau bukan. Hal itu juga menjadikannya bisa digunakan untuk bisnis kecil maupun bisnis besar.

Mudah Dikenali

Karena .net adalah domain yang sudah lama dikenal oleh pengguna internet, maka domain tersebut lebih mudah dikenali dibandingkan jenis domain lainnya. Apalagi, belum banyak orang yang menggunakan domain ini, sehingga domain ini terkesan unik.

Keunikan itulah yang menjadikannya mudah dikenali. Karena itu, Anda bisa menggunakan ekstensi .net jika ingin menjadikan website Anda lebih mudah dikenali oleh pengguna. Ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk melakukan branding.

Tingkat Keandalan yang Tinggi

Ternyata, domain .net mempunyai tingkat keandalan 100%. Artinya, domain tersebut mampu memberikan dioperasikan dengan mudah. Kemudahan itu membantu Anda dalam mengelola website sehingga website akan berjalan lebih lancar.

SEO-Friendly

Karena .net mempunyai kredibilitas tinggi, hal itu menjadikannya lebih terpercaya di mata search engine. Hasilnya, website dengan ekstensi .net lebih mudah memperoleh ranking pertama di SERP. Hal itu menjadikan website mempunyai trafik yang tinggi melalui optimasi SEO.

Memperoleh Perlindungan

Banyak ahli yang merekomendasikan .net untuk melindungi website Anda dari penyalahgunaan. Dengan menggunakan .net, Anda akan terhindar dari pihak yang ingin mengatasnamakan website Anda untuk melakukan penipuan di internet.

Ada Banyak Pilihan

Karena pengguna .net tidak sebanyak .com, maka Anda masih mempunyai banyak pilihan domain dengan ekstensi .net. Jadi, Anda bisa memperoleh nama website sesuai keinginan dan kebutuhan tanpa khawatir akan mempunyai nama domain yang sama dengan website lain.

  1. Mudah Mendapatkannya

Untuk memperoleh domain .net, tidak ada syarat domain .net yang harus dipenuhi. Jadi, siapapun bisa menggunakan ekstensi .net. Kemudahan ini juga menjadi salah satu alasan penting mengapa Anda perlu mempertimbangkan penggunaan .net sebagai domain website Anda.

Kekurangan Domain .NET

Selain berbagai kelebihan yang dimilikinya, .net juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan domain .net yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum benar-benar menggunakannya.

  • Karena .net tidak sepopuler .com, maka masih banyak orang yang awam dengan domain .net.
  • Masih banyak pengguna internet yang berpikir bahwa .net adalah domain khusus untuk website perusahaan teknologi jaringan, sehingga ruang lingkup domain ini terbatas.
  • Jika dibandingkan dengan .com, harga rata-rata .net memang lebih mahal. Namun, tenang saja! Anda bisa memperoleh domain .net seharga Rp165 ribu saja di OceanHoster. Harga tersebut jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga domain .net pada umumnya.

Perbandingan Domain .NET, .COM, .ORG

Jika dibandingkan dengan .com dan .org, ada beberapa aspek yang membedakan .net dengan dua jenis domain tersebut. Anda perlu memahami perbedaan antara .net dengan .com dan .org agar lebih yakin dalam menggunakan domain .net.

Perbedaan.NET.COM.ORG
PopularitasTidak sepopuler .comDomain yang paling populerKurang populer dibandingkan .com
KegunaanLebih banyak digunakan oleh perusahaan teknologi jaringanUntuk kegunaan umum dan komersialDigunakan oleh organisasi atau komunitas non-profit dan platform open-source
KeunggulanCocok digunakan untuk website teknologi jaringanLebih mudah dikenali karena terkesan unikKarena lebih populer, orang secara otomatis akan memasukkan domain .comLebih mobile-friendlyLebih dipercaya oleh penggunaLebih kredibel untuk website organisasiMenjadikan pengunjung lebih mudah melakukan aksi yang berkaitan dengan misi organisasi
HargaLebih mahal dibandingkan .comHarganya lebih murah dibandingkan .netLebih murah dibandingkan .com dan .net. Namun, harga transfer dan perpanjangan bisa lebih mahal.

Kapan Harus Menggunakan .NET?

Setelah memahami perbedaan .net dengan .com dan .org, Anda perlu mengetahui kapan sebaiknya Anda menggunakan .net tersebut. Sebenarnya, tiga poin berikut bisa menjawabnya.

  • Anda bisa menggunakan .net jika Anda tidak bisa mendaftar domain .com.
  • Gunakan .net untuk mengamankan website Anda. Contohnya, banyak orang yang bisa menggunakan website .com untuk menyamar dan melakukan penipuan di internet. Namun, hal itu bisa dihindari jika Anda memilih menggunakan domain .net.
  • Pilihlah .net sebagai domain website jika bisnis Anda bergerak di bidang database, jaringan, hosting, internet, dan sejenisnya.

Cara Mendapatkan Domain .NET

Jika Anda ingin menggunakan .net, Anda bisa memperolehnya di penyedia hosting terpercaya. Di OceanHoster, Anda bisa mendapatkan berbagai domain murah sesuai keinginan dan kebutuhan, termasuk domain .net. Lalu, bagaimana cara mendapatkan domain .net tersebut di OceanHoster? Berikut langkah mudahnya!

  • Selanjutnya, Anda bisa mengetikkan nama domain .net yang diinginkan. Jika domain itu tersedia, Anda bisa klik di bagian Order Selected.
  • Kemudian, Anda akan dialihkan ke laman pembayaran. Di sana, Anda perlu mendaftar atau login terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran. Jika sudah login atau mendaftar, Anda bisa menyelesaikan transaksi. Selesai! Domain .net Anda sudah bisa diaktifkan dan digunakan.

Dengan semua penjelasan mengenai konsep .net di atas, apa Anda semakin tertarik untuk menggunakannya? Anda bisa menggunakan .net sebagai domain alternatif jika domain .com yang Anda inginkan sudah banyak digunakan oleh website lain. Dengan domain tersebut, website Anda juga akan terlihat lebih unik.

Jika tertarik menggunakan .net, Anda bisa menggunakan domain .net dari OceanHoster karena lebih terjangkau dibandingkan dengan domain dari layanan hosting lainnya. Tak hanya murah, domain .net di OceanHoster bisa digunakan oleh siapapun dan untuk kebutuhan apapun. Jadi, sudah siap untuk mencobanya?

Annisa Fauziyah

A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.