apa itu domain

Saat membuat blog atau website, ada kalanya Anda merasa bingung untuk menentukan desain website tersebut. Karena itulah, Anda membutuhkan contoh blog dan website keren yang inspiratif untuk bisa membuat website terbaik Anda.

Jika Anda mempunyai blog atau website yang menarik, tentu pengguna internet akan tertarik untuk membuka website Anda. Akhirnya, itu bisa berimbas pada peningkatan jumlah pengunjung website dan meningkatkan trafik. 

Tenang saja! Anda tidak perlu bingung mencari ide blog dan website yang keren dan inspiratif, karena di sini kami berikan beberapa contoh blog dan website keren, mulai dari contoh website komersial hingga contoh blog pribadi. Semua contoh website di bawah ini bisa menjadi ide untuk Anda dalam membangun website Anda.

Contoh Blog Teknologi Terbaik

Jika Anda menyukai teknologi dan ingin membuat blog teknologi, Anda perlu mengetahui contoh-contoh blog teknologi terbaik berikut ini. Blog-blog berikut menyajikan berbagai informasi terkini seputar dunia teknologi dan implementasinya. 

  1. Engadget


Engadget adalah blog yang dibuat khusus untuk menyajikan ulasan mengenai berbagai jenis gadget dan produk elektronik. Blog ini membantu orang-orang untuk mendapatkan gadget atau alat elektronik terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dominasi warna hitam dan putih menjadikan Engadget terlihat sederhana sehingga cocok untuk website teknologi yang terkesan simple. Selain itu, pengunjung website juga langsung bisa mendapatkan berbagai topik terkini seputar gadget melalui artikel dan kolase foto.

  1. Hacker Noon


Contoh website teknologi kedua yang bisa menjadi ide untuk Anda adalah Hacker Noon. Ya, sesuai namanya, Hacker Noon adalah sebuah website yang menyajikan berbagai topik pemrograman, blockchain, dan cryptocurrency.

  1. Teknowire

Di tahun 2019, Teknowire pernah menjadi blog teknologi terbaik dunia. Di website tersebut, Anda bisa memperoleh berbagai konten teknologi, ulasan produk teknologi, bisnis teknologi, sosial media, dan internet. Bahkan, Anda juga bisa menemukan tips-tips seputar teknologi, lho!

  1. TechCrunch

Salah satu website teknologi yang paling populer adalah TechCrunch. Meskipun sempat dijual ke AOL, website yang didirikan oleh Michael Arrington ini masih menjadi pemimpin website di industri teknologi dunia hingga saat ini.

  1. Wired

Jika Anda ingin menyajikan konten-konten yang menjelaskan bagaimana teknologi mempengaruhi aspek sosial, budaya, politik, dan ekonomi, Anda bisa menggunakan Wired sebagai contoh.

Contoh Blog Gaya Hidup Terbaik

Apakah Anda mempunyai passion di dunia lifestyle dan ingin membuat website atau blog lifestyle? Anda bisa menggunakan beberapa website berikut sebagai referensi. Dengan membuat website semacam ini, Anda bisa menyajikan berbagai konten seperti fashion, relationship, travel, life hacks, hingga personal development.

  1. Minimalism Life

Seperti namanya, Minimalism Life adalah contoh blog yang menyajikan konten-konten hidup minimalis. Blog ini juga digunakan untuk membangun komunitas pecinta hidup minimalis. Jadi, semua anggota komunitas tersebut bisa membagikan tips dan pengalaman mereka untuk bisa menerapkan gaya hidup minimalis.

Untuk merepresentasikan topik utamanya, Minimalism Life menggunakan tampilan yang sangat sederhana. Website tersebut menggunakan background putih dengan tulisan berwarna hitam dan abu-abu sehingga pengunjung website mudah untuk membacanya.

Semuanya dibuat simple untuk menunjukkan elemen-elemen penting saja. Namun, kesederhanaan itu tetap bisa membantu para pengunjung untuk mengeksplorasi website tersebut. Contohnya adalah dengan adanya menu navigasi, link sosial media, dan sidebar.

  1. Duck of York

Duck of York adalah salah satu contoh blog pribadi. Pemilik blog tersebut adalah Agi Tiara yang mendirikan blog tersebut pada tahun 2014. Tampilannya memang tidak berlebihan. Hanya dengan whitespace, blog tersebut mampu menghadirkan visual yang menarik.

Di blog tersebut, Agi mengemas berbagai konten dengan cara menarik. Mulai dari kecantikan, traveling, review makanan, dan editorial, semua ada di blog tersebut.

  1. A Cup of Jo

Topik utama yang disajikan di blog A Cup of Jo adalah fashion, travel, family life, relationship, dan food. Website ini dibangun dengan menggunakan WordPress. Pemiliknya, Joanna Goddard, memulai menulis di website tersebut sebagai sebuah hobi. Akhirnya, kini dia bisa menjadikan hobi tersebut sebagai pekerjaan full time.

Website ini mempunyai tampilan yang unik. Contohnya adalah tulisan “O” pada kata “of” yang dibentuk dari sebuah gambar. Pengunjung juga bisa melihat daftar konten di bulan sebelumnya sehingga ini bisa membantu mempromosikan konten-konten lama.

Contoh Blog Kecantikan dan Mode Terbaik

Jika Anda ingin mengekspresikan sense fashion dan beauty, Anda bisa membuat website atau blog kecantikan dan fashion. Biasanya, pemilik website ini adalah mereka yang antusias dengan dunia mode dan kecantikan. Berikut adalah beberapa contoh blog kecantikan dan mode yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

  1. Sincerely Jules


Website ini khusus membahas fashion wanita. Julie Sarinana menjadi salah satu contoh blogger yang berhasil membangun website pribadi dari nol. Julie sebagai pemilik dari Sincerely Jules membagikan berbagai tips dan ulasan mengenai produk kecantikan dan outfit terbaik untuk para wanita.

Keunggulan blog ini adalah tampilannya yang sangat menarik. Bayangkan! Anda bisa melihat gambar beresolusi tinggi dan full-screen saat pertama kali membuka blog tersebut. Selain itu, pengunjung juga bisa meng-klik gambar fashion atau produk kecantikan dan pengunjung akan dibawa ke online shop yang menjual produk tersebut.

  1. Vogue

Siapa yang tidak kenal dengan Vogue? Website fashion terpopuler di dunia tersebut telah memperoleh perhatian dari banyak pecinta dan ahli fashion. Website ini membantu para fashionista untuk memperoleh berbagai informasi dan tips seputar fashion.

Jadi, jika Anda ingin membuat website kecantikan dan fashion yang menyajikan berbagai konten mode, Anda bisa menjadikan Vogue sebagai inspirasi terbaik. Kunjungi saja website resminya dan lihat bagaimana Vogue mampu menarik perhatian banyak orang!

  1. He Spoke Style


Berbeda dari Sincerely Jules yang khusus memberikan ulasan produk fashion untuk para wanita, He Spoke Style khusus membahas fashion pria. Website ini mempunyai tampilan yang elegan. Uniknya, pengunjung bisa melihat gambar fashion dalam ukuran besar dan artikel yang menginformasikan kolaborasi He Spoke Style dengan brand jas.

Contoh Blog Pendidikan Terbaik

Blog pendidikan (edublog) adalah blog yang dibuat khusus untuk tujuan edukasi atau pendidikan. Blog ini biasanya memberikan instruksi yang menjadi sumber daya belajar untuk para siswa. Jadi, semua sumber belajar yang disajikan di edublog bisa diakses secara online.

Tertarik untuk membuat blog pendidikan? Anda bisa mencontoh beberapa blog pendidikan berikut dan menginovasikannya.

  1. Gurune.net


Gurune.net adalah salah satu blog pendidikan di Indonesia yang terkenal. Blog ini menyajikan berbagai materi pelajaran, soal-soal, dan kunci jawaban yang ada di buku-buku pelajaran sekolah.

Selain itu, blog ini juga selalu meng-update berbagai file administrasi guru, informasi pendidikan sekolah, dan artikel inspiratif. Jadi, fokus utama blog ini adalah konten untuk sekolah.

  1. Edutopia

Website Edutopia adalah bagian dari The George Lucas Educational Foundation. Website ini menargetkan tenaga pengajar dan siswa kelas 12 sebagai target audiens mereka.

Tujuan utama website ini adalah untuk memberikan konten yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong siswa untuk terlibat dengan peneliti, pakar kurikulum, dan guru melalui kolaborasi berbasis proyek.

  1. Inside Higher Ed

Blog pendidikan yang satu ini memberikan konten-konten berkualitas untuk orang-orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi dan mencari pekerjaan. Selain memberikan saran karir, rekomendasi buku, dan informasi penerimaan mahasiswa baru, blog ini juga memberikan informasi seputar webinar dan penelitian di pendidikan tinggi.

Contoh Blog Bisnis dan Pemasaran Terbaik


Apakah Anda menyukai topik bisnis? Atau Anda mempunyai keahlian di bidang bisnis dan pemasaran? Anda bisa membuat blog bisnis dan pemasaran untuk membagikan ide-ide Anda seputar dunia bisnis. Jika bingung untuk membuatnya, gunakan beberapa contoh blog bisnis berikut sebagai ide terbaik.

  1. Amazon Business


Sebagai e-commerce terkenal, Amazon mendirikan sebuah website yang khusus membahas tentang konten bisnis. Melalui blog bernama Amazon Business, Anda bisa melihat informasi bisnis dan rekomendasi produk. Sub informasi yang disajikan di sana antara lain konstruksi, agribisnis, energi, otomotif, dan masih banyak lagi.

  1. Businesswire


Blog bisnis yang satu ini menyajikan informasi bisnis dari berbagai negara di dunia. Pengunjung website tersebut bisa memperoleh informasi seputar public and investor relation dan distribusi analisis.

Beberapa industri yang masuk ke dalam blog ini adalah energi, kesehatan, otomotif, kesehatan, hiburan, dan konstruksi. Uniknya, blog ini juga menyajikan fitur 20 bahasa sehingga pengunjung bisa membaca konten bisnis sesuai dengan bahasa mereka.

  1. Business 2 Community


Topik utama yang disajikan di Business 2 Community adalah bisnis, keuangan, pemasaran, dan digital marketing. Tujuan utama dibuatnya website ini adalah untuk mengedukasi dan menghubungkan para business professionals.

Contoh Blog Makanan Terbaik

Bagi Anda yang mempunyai hobi dan passion di bidang kuliner, blog makanan menjadi titik awal untuk Anda. Selain menyajikan resep-resep makanan, Anda juga bisa memberikan tips seputar makanan. Di bawah ini adalah contoh blog makanan keren yang bisa menjadi inspirasi terbaik.

  1. Fit Men Cook

Blog yang dibangun menggunakan WordPress ini dibuat oleh Kevin Curry. Dengan tujuan utama untuk menghadirkan resep-resep makanan sehat dan enak, Fit Men Cook menyajikan berbagai konten seperti ide meal preparation, resep makanan sehat, dan healthy eating challenges.

Agar memudahkan pengunjung internet dalam menemukan konten-konten tertentu, Curry menambahkan tag pada setiap konten yang dibuatnya. Jadi, pengunjung bisa memfilter resep-resep tertentu sesuai dengan rencana diet dan kebutuhan mereka.

  1. Anakjajan.com


Di Indonesia, Anda juga bisa menemukan contoh blog makanan terbaik. Kami merekomendasikan blog anakjajan.com untuk Anda yang ingin membuat blog makanan dengan gaya simple.

Sejak didirikan pada 2011 lalu, blog ini telah memperoleh banyak respon positif dari para pecinta kuliner. Respon positif itulah yang menjadikan dua pendiri anakjajan.com, Julia Veronica dan Marius Tjenderasa, menjadikan kegiatan review makanan sebagai profesi utama mereka.

  1. Minimalist Baker


Website yang satu ini menyajikan resep-resep makanan sederhana dan penggunaan peralatan memasak dasar. Semua resep tersebut memenuhi tiga kriteria utama: 10 bahan, 1 mangkuk, dan 30 menit penyiapan.

Melalui blog ini, Anda bisa memahami bagaimana cara membuat blog makanan yang menarik. Contohnya adalah penggunaan handy icon system yang tujuannya adalah untuk membantu pengunjung website dalam menemukan resep yang sesuai dengan kebutuhan diet mereka.

Misalnya, GF untuk Gluten-Free, VG untuk Vegan, NS untuk Natural Sweetened, dan DF untuk Dairy-Free.

  1. Tasty


Hingga saat ini, Tasty menjadi salah satu blog makanan yang mempunyai banyak pengguna. Bahkan, pengguna bisa memberikan penilaian terhadap resep makanan yang disajikan di blog tersebut. Tak hanya itu, blog ini juga memberikan fitur highlight untuk membantu pengguna memberikan tanda pada resep favorit mereka.

Contoh Blog Traveling Terbaik

Bagi Anda yang ingin memulai blog traveling, ada beberapa contoh blog traveling yang bisa Anda jadikan ide. Blog-blog tersebut bisa mengajarkan Anda tentang bagaimana mendesain blog yang menarik dengan menyajikan berbagai gambar yang keren.

  1. The Naked Traveler

Contoh blogger traveling Indonesia yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia traveling adalah The Naked Traveler. Trinity, pemilik blog keren tersebut, berhasil mendapatkan banyak atensi dari para pecinta traveling.

Dengan pengalamannya di dunia copywriting dan editing, Trinity berhasil menyajikan konten-konten traveling yang menarik dan ringan. Setelah dua tahun membuat website tersebut, dia berhasil menerbitkan 15 buku. 

Melalui The Naked Traveler, Anda bisa meniru cara Trinity dalam membangun website traveling yang menarik melalui penyajian storytelling dan ilustrasi yang keren.

  1. Wandering Earl

Sebagai pecinta solo traveling, Derek Earl Baron membagikan pengalamannya berkeliling dunia melalui website Wandering Earl. Derek adalah salah satu orang yang hidup tanpa rumah permanen dan itulah yang menjadikannya mampu menyajikan konten blog menarik yang berbeda dari blogger lainnya.

Di website Wandering Earl, pengunjung bisa mencari postingan dari berbagai kategori dan negara. Total ada 12 kategori yang disajikan, seperti Work and Travel, Travel Advice, dan Interesting People. Jadi, Anda bisa meniru cara Derek tersebut untuk meningkatkan pengalaman pengunjung website traveling Anda.

  1. HoneyTrek

Anda sering bepergian bersama pasangan? Jika iya, Anda bisa membuat website traveling bersama pasangan seperti yang dilakukan oleh Mike dan Anne Howard. Mereka membuat website traveling bernama HoneyTrek pada 2012.

Mike dan Anne menyajikan konten-konten di blog mereka dengan cara yang unik. Contohnya, mereka menyajikan artikel di homepage dan HoneyTrek Features.

Selain itu, mereka juga membantu pengunjung blog mereka dalam menemukan konten melalui penggunaan kategori geografis. Jadi, pengunjung bisa mencari konten traveling berdasarkan lokasi seperti Asia, Eropa, dan Amerika.

Contoh Blog Fotografi Terbaik

Foto adalah cara terbaik untuk mengabadikan momen. Jika Anda menyukai dunia fotografi dan ingin menyimpan berbagai momen terbaik, Anda bisa membuat blog fotografi. Tenang, kami berikan beberapa rekomendasi blog fotografi keren yang bisa Anda pelajari.

  1. Joe McNally

Contoh blogger di bidang fotografi yang diakui dunia adalah Joe McNally. Dia membagikan berbagai jepretan kameranya melalui website Joe McNally. Dengan pengalamannya di lebih dari 70 negara, Joe berhasil menyajikan foto-foto menarik. 

Beberapa dari foto tersebut adalah hasil kerja samanya dengan merek internasional dan majalah terkenal. Selain membagikan hasil foto, Joe juga memberikan tips dan saran untuk para fotografer.

  1. The Sartorialist

Ini adalah blog fotografi yang berfokus di dunia fashion. Scott Schuman, pendiri The Sartorialist, membagikan hasil-hasil foto fashion jalanan yang diperolehnya dari berbagai lokasi.

Jika kebanyakan blog menyajikan gambar dan artikel, The Sartorialist menyajikan konten foto dengan gaya yang simple. Hanya ada foto dan caption yang menjelaskan lokasi pengambilan foto.

  1. Photofocus

Photofocus bisa menjadi contoh blog fotografi yang menghadirkan konten-konten fotografi dalam bentuk artikel. Karena target audiensnya adalah para fotografer, maka tujuan utama dari blog ini adalah untuk memberikan informasi mengenai tips, trik, dan tool untuk menghasilkan foto yang bagus.

Contoh Blog Seni dan Desain Terbaik

Jika Anda adalah pecinta seni, tunjukkan sisi kreatif Anda dengan membangun blog seni dan desain terbaik. Berikut ini adalah beberapa contoh blog seni dan desain yang membantu Anda untuk menemukan inspirasi untuk website Anda.

  1. Artslant

Artslant adalah blog seni, komunitas, dan media yang didirikan oleh Georgia Fee pada 2007. Karya seni yang ditampilkan di blog tersebut adalah karya seni dengan tema ekonomi, sosial, identitas, politik, dan etnisitas. Hingga saat ini, sudah ada 20.000 seniman profesional dan amatir yang menjadi bagian dari situs tersebut.

  1. Hookedblog

Bagi Anda yang suka membuat seni jalanan, Anda bisa membagikan karya Anda dalam website seperti yang ditampilkan oleh Hookedblog. Hookedblog adalah blog yang menghadirkan karya-karya seni jalanan menarik dari berbagai area seperti Eropa, US, UK, dan Afrika.

  1. Apartment Therapy

Blog yang satu ini menyajikan desain-desain interior yang dibuat sebagai weekly newsletter. Selain menghadirkan gambar-gambar desain interior, blog ini juga menyajikan tips dan tutorial untuk mempercantik rumah dengan biaya yang terjangkau.

Contoh blog dan website tersebut bisa menjadi ide untuk Anda yang ingin membangun blog pribadi. Anda bisa mempelajari bagaimana cara blog-blog tersebut dibangun dan ditampilkan. Kemudian, inovasikan itu dengan ide Anda sendiri.

Dijamin, cara ini bisa membantu website atau blog Anda untuk lebih menarik perhatian pengunjung website. Agar website yang Anda buat semakin bagus, tentu Anda perlu menggunakan layanan hosting terbaik.

Dengan layanan dari OceanHoster, Anda bisa memperoleh domain dan hosting terbaik. Selain itu, Anda juga bisa membuat email hosting yang akan meningkatkan kredibilitas blog Anda. Keuntungan lainnya, Anda juga bisa memperoleh bantuan jika mengalami masalah atau kesulitan dalam memodifikasi website!

Annisa Fauziyah

A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.