pengertian wordpress

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, WordPress menjadi Content Management System yang paling banyak digunakan di dunia. WordPress adalah alat populer, khususnya bagi individu yang tidak mempunyai keahlian dalam dunia pemrograman, untuk membuat situs website mereka.

Saat pertama dibuat, WordPress khusus digunakan untuk membuat blog. Namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan pengguna, WordPress bisa mengalami banyak peningkatan dan bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website.

Oleh karena itu, penggunaan WordPress menjadi hal yang penting untuk Anda yang ingin membangun website, khususnya untuk kebutuhan komersil. Di sini, kita akan membahas tentang apa itu WordPress, kelebihan WordPress, dan manfaat WordPress!

Apa Itu WordPress?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, WordPress adalah Content Management System (CMS) yang bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Secara spesifik, WordPress merupakan sistem manajemen konten yang bersifat open-source dan berlisensi GPLv2. Artinya, WordPress bisa digunakan oleh siapapun yang ingin menggunakan dan memodifikasinya secara gratis.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Content Management System (CMS)? Jadi, CMS merupakan alat yang digunakan untuk memudahkan penggunanya dalam mengelola aspek penting di situs website-nya. Contohnya adalah konten.

WordPress dibangun dengan menggunakan MySQL dan PHP. Dengan menggunakan WordPress, pemula bisa membuat website hanya dalam hitungan menit. Tentu hal itu sangat menguntungkan, bukan?

Hingga saat ini, WordPress telah digunakan untuk membuat 42,8% website di seluruh dunia. Apa yang menjadikan banyak orang tertarik menggunakan WordPress?

Selain faktor kemudahan, banyak orang menggunakan WordPress karena WordPress dinilai lebih user-friendly. Selain itu, WordPress yang awalnya diperuntukkan untuk pembuatan blog ternyata juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website, mulai dari website portofolio hingga website e-commerce.

Sejarah WordPress

Setelah memahami pengertian WordPress, kini Anda juga perlu mengetahui tentang asal mula WordPress. Sejarah WordPress dimulai pada tahun 2003 saat Matt Mullenweg meluncurkan kembali proyek yang pernah disebut sebagai b2/cafeblog.

Proyek itu awalnya dibuat oleh Michel Valdrighi. Matt menemukan peluang untuk meningkatkan fungsionalitas dari website tanpa perlu mengubah kode sumber intinya dan akhirnya terciptalah WordPress.

WordPress 1.0 resmi dirilis ke publik pada tahun 2004 dengan kode Davis. Versi awal tersebut menyajikan fitur seperti pengelompokan konten dan moderasi komentar. Kemudian, WordPress terus mengalami transformasi hingga WordPress menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik melalui editor Gutenberg pada tahun 2017. 

Pada WordPress 5.0, ada tambahan fitur berupa tema etalase yang lebih baik dan terlihat lebih baru dibandingkan sebelumnya. Dengan adanya komunitas pengembang, blogger, dan desainer yang dinamakan TodayWordPress, WordPress terus mengalami pengembangan dan menjadikan lebih banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Hingga saat ini, WordPress menjadi platform CMS yang banyak digunakan oleh kalangan blogger dan pebisnis. Ada beberapa alasan yang menjadikan WordPress disukai oleh banyak orang. Namun di balik kelebihan WordPress, ada juga beberapa kekurangannya. Mari kita bahas kelebihan dan kekurangan WordPress tersebut di bawah ini!

Kelebihan WordPress

  • Open-source: WordPress adalah open-source platform yang bisa digunakan dan dimodifikasi oleh siapapun dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja platform tersebut. Bahkan, ada komunitas yang membantu pengembangan WordPress.
  • Ramah SEO: Untuk memudahkan orang dalam menemukan dan mengunjungi website Anda, tentu Anda perlu melakukan optimasi SEO. Dengan WordPress, Anda bisa lebih mudah menggunakan plugin SEO seperti Yoast SEO untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari.
  • Mudah digunakan: Kelebihan lainnya dari WordPress adalah kemudahan penggunaannya. Pasalnya, WordPress bisa digunakan oleh semua orang yang tidak berpengalaman dalam dunia pemrograman. Antarmuka penggunanya juga sangat intuitif sehingga Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuat website.
  • Personalisasi desain: Ada banyak tema yang tersedia di website, sehingga Anda bisa memodifikasi desain website sesuai keinginan. Namun, pilihlah tema dan desain yang paling sesuai dengan niche website Anda.
  • Mendukung semua jenis media: WordPress juga bisa digunakan untuk menyajikan berbagai jenis media di website seperti teks, video, gambar atau kombinasi dari semua media tersebut.
  • Menyediakan berbagai jenis plugin: Ada berbagai plugin yang tersedia untuk menambahkan fungsi-fungsi baru pada website Anda. Contohnya adalah plugin SEO seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda juga menambahkan plugin lain sesuai kebutuhan.
  • Komunitas besar: Kehadiran komunitas WordPress menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda karena Anda bisa bertanya kepada mereka jika mengalami kendala dalam penggunaan WordPress. Kini, WordPress mempunyai komunitas besar yang tersebar di berbagai negara.
  • Lebih murah: Untuk menggunakan WordPress, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun karena itu tersedia secara gratis. Jadi, fitur WordPress bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya apapun. Anda hanya perlu membeli domain dan berlangganan layanan web hosting.

Kekurangan WordPress

  • Tingkat keamanan kurang: WordPress kurang aman digunakan. Namun tenang saja, Anda masih bisa meningkatkan keamanan WordPress dengan menginstall plugin keamanan.
  • Banyak pembaruan tema dan plugin: Meskipun pembaruan menjadi hal yang dibutuhkan, tetapi pembaruan yang terlalu sering justru merepotkan pengguna. Anda harus sering melakukan pengecekan untuk melakukan pembaruan. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk memperbarui plugin yang benar-benar Anda butuhkan saja.
  • Kecepatan yang lambat: Karena banyaknya plugin, kecepatan loading WordPress cukup lambat. Kecepatan tersebut berpengaruh pada terhadap kepuasan pengunjung website Anda. Agar halaman website Anda mempunyai kecepatan loading yang bagus, gunakanlah plugin cache.
  • Plugin dan tema dari pihak ketiga: Ada banyak plugin dan tema yang disediakan oleh pihak ketiga dan hal itulah yang menimbulkan bug. Oleh karena itu, cari tahu review user dan deskripsi dari tema dan plugin tersebut sebelum menginstalnya.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Jika Anda ingin membangun situs website Anda, ada dua jenis WordPress yang bisa digunakan: WordPress.org dan WordPress.com. Untuk lebih memahami perbedaan keduanya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

  1. WordPress.org

WordPress.org disebut juga sebagai self-hosted WordPress. Hal itu dikarenakan Anda bebas mengelola website. Namun, Anda membutuhkan hosting dan domain sendiri. Oleh karena itu, Anda harus membayar biaya untuk membeli domain dan berlangganan hosting.

Namun, Anda bebas untuk memilih ekstensi domain yang diinginkan. Karena Anda membeli hosting sendiri, maka Anda bebas mengelola dan mengontrol website Anda. Anda juga bebas memilih tema dari WordPress atau penyedia tema lainnya, baik yang berbayar ataupun yang gratis.

Pengguna WordPress.org juga bisa memasang plugin apapun, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Contohnya adalah plugin SEO yang digunakan untuk meningkatkan peringkat website di Google.

Selain bebas memasang plugin, Anda juga bisa memasang analytics pihak ketiga. Jadi, Anda bisa menggunakan Google Analytics. Ini sangat penting digunakan pada website Anda. Pemasangan iklan juga bisa dilakukan dengan mudah.

Anda juga bebas memasang iklan sebanyak-banyaknya menggunakan layanan iklan manapun. Kelebihan yang terakhir adalah Anda bisa menghilangkan kata-kata “Powered by WordPress.” Tentu saja, hal tersebut menjadikan website Anda terlihat lebih menarik dan profesional.

  1. WordPress.com

Berbeda dari WordPress.org, WordPress.com membatasi Anda dalam melakukan kustomisasi website. Meskipun begitu, WordPress.com lebih mudah digunakan dan gratis. Anda tidak perlu membayar biaya hosting dan membeli domain. 

Jadi, domain website Anda secara otomatis adalah ‘.wordpress.com.’ Sementara itu, hosting disediakan oleh WordPress. Sayangnya, hosting tersebut mempunyai banyak batasan jika dibandingkan dengan WordPress.org.

Pengguna juga tidak bisa memilih banyak tema karena tema-tema yang digunakan hanya berasal dari WordPress. Sama halnya dengan plugin, Anda tidak bisa memasang plugin gratis dan berbayar. Jadi, Anda juga tidak bisa meningkatkan peringkat website karena tidak bisa menginstall plugin SEO.

Sementara itu, analytics yang digunakan hanya berasal dari WordPress. Hal ini tentu berbeda jika Anda menggunakan analytics dari pihak ketiga yang lebih mumpuni. Anda juga tidak bisa memasang iklan secara bebas. Terakhir, Anda tidak bisa menghilangkan kata-kata “Powered by WordPress.”

Lalu, apakah Anda bisa menggunakan domain sendiri menggunakan WordPress.com? Jawabannya adalah bisa. Anda harus berlangganan paket berbayar terlebih dahulu. Namun, Anda tidak bisa melakukan kustomisasi website secara bebas.

Fungsi WordPress

Secara umum, fungsi WordPress adalah untuk membuat dan mengelola website dan blog. Namun, Anda perlu memahami fungsi tersebut secara lebih spesifik di sini.

  1. Blog

Pada awalnya WordPress adalah platform yang diperuntukkan untuk orang-orang yang menyukai blogging. Jadi, tentu saja fungsi utama WordPress adalah untuk membuat blog. Dengan menggunakan WordPress, pemula bisa membuat blog dengan mudah.

  1. Website Portofolio

Selain bisa digunakan untuk blogging, WordPress juga cocok untuk Anda yang ingin membuat website portofolio. Dengan WordPress, Anda bisa membuat website yang menarik untuk menunjukkan kemampuan dan pengalaman secara online.

Karena fungsi yang satu ini, WordPress banyak digunakan oleh kalangan profesional seperti desainer dan ilustrator untuk menampilkan karya-karya terbaik mereka. Dengan penggunaan WordPress, karya yang dibuat bisa lebih mudah dilihat oleh banyak orang.

  1. Website Toko Online

Banyak pebisnis memanfaatkan WordPress untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Dengan menggunakan WordPress, Anda bisa lebih mudah membuat website toko online. Saat ini, WordPress menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk membuat e-commerce.

  1. Website Company Profile

Jika ingin meningkatkan engagement, perusahaan bisa menggunakan WordPress untuk membuat website yang menampilkan profil perusahaan. Dengan website tersebut, Anda bisa dengan mudah memperkenalkan perusahaan Anda ke publik.

  1. Website Bisnis

Untuk membuat website bisnis, Anda harus memastikan bahwa website tersebut mudah digunakan oleh pengguna dan terkesan professional. Nah, WordPress mampu memberikan dua manfaat tersebut. Jadi, coba saja gunakan WordPress untuk memasarkan bisnis Anda secara online sekarang.

  1. Website Komunitas

Website yang satu ini juga bisa membantu bisnis untuk menarik perhatian pelanggan baru. Biasanya, website komunitas digunakan untuk memberikan ulasan mengenai produk atau jasa. Dengan cara tersebut, orang lain akan mengenal produk atau jasa tersebut dan tertarik untuk melakukan pembelian.

Website Apa Saja yang Bisa Dibuat dengan WordPress?

Jika Anda ingin menggunakan WordPress, ada beberapa pilihan website yang bisa Anda buat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Website Portofolio

WordPress banyak digunakan oleh pemula untuk membuat portofolio. Karena WordPress mudah digunakan, Anda bisa dengan mudah membuat website yang menampilkan profil diri, karya, pengalaman, dan keahlian.

  1. Website Bisnis

Banyak pebisnis yang memilih menggunakan WordPress untuk membuat website bisnis mereka karena WordPress lebih mudah digunakan. Jadi, bisnis skala kecil atau besar bisa menggunakan WordPress untuk mempromosikan produk atau jasa dan menampilkan profil perusahaan.

  1. Website Podcast

Website podcast menjadi sesuatu yang populer beberapa tahun terakhir. Website ini menyajikan berbagai konten audio dan video. Konten-konten tersebut digunakan untuk membagikan ide, cerita, atau opini dari kreator ke audiens. 

  1. Website Berita

Kini, banyak orang yang lebih memilih membaca berita secara online. Oleh karena itu, website berita juga banyak dicari oleh orang-orang. Nah, jika Anda ingin membuat website yang menyajikan berbagai jenis berita, Anda bisa menggunakan WordPress.

  1. Website Pengetahuan

Tentu Anda mengenal Wikipedia, bukan? Wikipedia merupakan website pengetahuan terbesar di dunia. Untuk membuat semacam itu, Anda juga bisa memanfaatkan WordPress. WordPress memberikan opsi khusus untuk orang-orang yang ingin membuat website berbasis pengetahuan dengan tujuan untuk memperluas konten sebanyak-banyaknya.

  1. Website Jobs Board

WordPress adalah alat terbaik untuk membuat website Jobs Board. Dengan website tersebut, orang-orang bisa dengan mudah menemukan pekerjaan baru secara online. Bagi Anda yang ingin membuat website tersebut, Anda bisa dengan mudah mengelola konten dan daftar lowongan pekerjaan.

Contoh Website yang Menggunakan WordPress

Bukan hanya perorangan dan bisnis kecil saja yang menggunakan WordPress, banyak perusahaan ternama dunia yang menggunakan WordPress untuk membuat website mereka. Inilah 5 contoh website populer yang menggunakan WordPress.

  1. Fortune

Fortune adalah media ternama dunia yang khusus membahas bisnis. Media asal Amerika Serikat tersebut membantu para penggunanya untuk memperoleh informasi lengkap mengenai bisnis.

Website Fortune terkesan bersih dengan halaman utama yang dipenuhi oleh konten-konten rekomendasi dari berbagai kategori. Selain gambar yang menarik, Fortune juga mempunyai waktu loading yang cepat.

  1. Sony Music

Sony Music merupakan perusahaan rekaman ternama dari Amerika. Menjadi perusahaan terbesar nomor tiga di dunia, ternyata Sony Music menggunakan WordPress untuk membangun website-nya. 

Website tersebut mempunyai desain sederhana. Konten utamanya adalah berita-berita mengenai Sony Music. Selain itu, layout dari website tersebut didominasi oleh foto-foto musisi terkenal dunia yang bekerja sama dengan Sony Music.

  1. Walt Disney

Siapa yang tidak kenal dengan Walt Disney? Perusahaan hiburan terbesar di dunia tersebut juga menggunakan WordPress untuk membuat website perusahaan. Sesuai dengan bisnisnya, Disney menampilkan warna-warna cerah yang ramah anak.

Sementara itu, konten-konten website tersebut berupa gambar tokoh-tokoh Disney dan layanan Disney. Uniknya, Disney juga menambahkan real-time counter untuk menginformasikan kepada pengunjung website terkait harga saham Walt Disney. 

  1. LinkedIn

LinkedIn menjadi penyedia lowongan pekerjaan yang populer di dunia. Selain mempunyai platform sendiri, LinkedIn juga mempunyai website yang digunakan untuk membahas berbagai hal terkait dunia kerja.

LinkedIn juga menampilkan desain sederhana. Layout website tersebut menyajikan artikel-artikel populer yang relevan dengan dunia kerja saat ini. Tampilan simple itu juga yang menjadikan banyak pencari kerja nyaman untuk menjelajahi website LinkedIn.

  1. Rolling Stone

Rolling Stone mempunyai website yang terbilang unik dan modern. Website tersebut didominasi oleh warna merah dan putih. Ada berbagai menu yang ditampilkan seperti TV, movie, music, chart, culture, dan politic.

Nah, kini Anda sudah memahami tentang pengertian WordPress dan kelebihannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, WordPress adalah platform CMS yang bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website.

Untuk sukses membangun website menggunakan WordPress, Anda membutuhkan layanan hosting dan domain yang berkualitas. Sebagai layanan penyedia WordPress hosting terbaik, OceanHoster mendukung dan support terhadap WordPress. Jadi, gunakan layanan OceanHoster dan buat website WordPress Anda sekarang!

Annisa Fauziyah

A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.