domain .xyz

Domain .XYZ adalah domain yang bisa digunakan untuk semua jenis website. Fungsinya sama dengan .net dan .com. Ekstensi .xyz adalah ekstensi dalam kelas gTLD yang pertama kali digunakan pada tahun 2014. Tak lama sejak diperkenalkan ke publik, .xyz menjadi top domain global dengan jumlah pengguna sebanyak 1,1 miliar pada 2017.

Bagi Anda yang penasaran dengan domain XYZ, simak artikel ini hingga akhir agar Anda mengetahui kenapa website Anda perlu menggunakan ekstensi domain ini!

Apa itu Domain .XYZ?

Domain XYZ adalah salah satu jenis domain gTLD (Generic Top Level Domain). Pencipta .xyz adalah Daniel Negari. Dia menciptakan domain tersebut di Amerika Serikat.

Saat itu, Daniel Negari menilai bahwa sudah seharusnya para generasi muda mempunyai domain khas yang menunjukkan keunikan mereka. Jadi, .xyz digunakan sebagai alternatif pengganti untuk .com yang sangat berkaitan dengan generasi tua karena .com sudah lama digunakan sejak internet pertama kali muncul.

Menurut Daniel, generasi muda harus mempunyai domain pendek yang unik. Dengan domain tersebut, generasi inovatif tidak akan bergantung pada ekstensi domain .com yang mahal. Saat diperkenalkan, .com memperoleh banyak peminat karena domain tersebut lebih fleksibel dan serbaguna.

Domain ini terlihat unik dibandingkan jenis domain lainnya karena hanya terdiri dari tiga huruf terakhir alfabet. Sebenarnya, XYZ adalah tiga huruf yang mewakili tiga generasi yaitu generasi X, Y, dan Z. Mengapa? Karena banyak innovator digital di tiga generasi tersebut.

Kenapa harus menggunakan domain XYZ?

Sekarang pertanyaannya adalah “mengapa harus menggunakan domain XYZ?” Ini berkaitan dengan tujuan pembuatan website. Sebenarnya, domain adalah sebagai nama website dan tujuan utama pembuatan website adalah menjangkau banyak pengguna internet. 

Untuk bisa menjangkau banyak pengguna, tentu Anda membutuhkan domain yang unik. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, .xyz adalah domain unik, apalagi jika dibandingkan dengan domain umum seperti .com.

Keunikan itulah yang menjadikan .xyz mempunyai peluang yang lebih bagus dibandingkan .com. Di generasi selanjutnya, .xyz dianggap mampu meraih lebih banyak pengguna karena kemampuannya untuk menghasilkan trafik tinggi. 

Hal itu terbukti dengan banyak perusahaan top dunia yang menggunakan .xyz sebagai domain mereka. Contohnya adalah starship.xyz. Starship adalah perusahaan robot delivery yang didirikan oleh co-founder Skype. Perusahaan lain yang menggunakan .xyz adalah Alphabet. Mereka menggunakan website abc.xyz untuk company profile mereka.

Setelahnya, popularitas .xyz terus meningkat seiring perkembangan zaman. Kini, mulai banyak individu dan bisnis di dunia yang menggunakan domain tersebut untuk memberikan kesan unik dari website lainnya.

Kelebihan domain XYZ

Agar Anda lebih yakin untuk membangun situs xyz, Anda harus mengetahui apa saja keunggulan atau kelebihan dari domain xyz tersebut.

  1. Mudah Diingat

Karena .xyz adalah domain yang unik, maka pengguna internet atau pengunjung situs Anda akan lebih mudah mengingatnya. Apalagi, pengguna .xyz belum sebanyak .com sehingga pengguna akan lebih mudah mengenal domain .xyz Anda. Inilah menjadi sebuah peluang bagus untuk Anda yang ingin membuat website unik.

  1. Terindeks Google

Saat ini, Anda bisa mengakses website .xyz di Google, tanpa perlu dialihkan ke halaman pencarian Google terlebih dahulu. Itu karena .xyz sudah terindeks Google. Jadi, ini memberikan peluang bagi website .xyz untuk ditemukan oleh pengguna Google.

Hal inilah yang penting untuk peningkatan trafik dan visibilitas website. Namun, Anda juga perlu mengoptimalkan SEO website untuk bisa mengoptimalkan trafik dan visibilitas website.

  1. Bisa Digunakan untuk Berbagai Kebutuhan

Setiap jenis domain mempunyai fungsi masing-masing seperti .com yang digunakan untuk kebutuhan komersial dan .edu yang digunakan untuk website pendidikan. Namun, .xyz digunakan untuk semua jenis website.

  1. Melindungi Brand

Kelebihan lainnya dari .xyz adalah untuk melindungi brand. Artinya, domain tersebut mampu melindungi brand Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Banyak Pilihan Nama Domain

Dibandingkan dengan ekstensi domain lainnya, .xyz belum banyak digunakan. Hal itu menjadikan banyak pilihan nama domain dengan ekstensi .xyz. Ini tentu menguntungkan Anda karena Anda masih mempunyai banyak pilihan nama domain yang bisa dipilih dan sesuai keinginan.

  1. Harga Terjangkau

Jika Anda ingin menggunakan ekstensi domain yang murah dibandingkan jenis ekstensi lainnya, .xyz bisa menjadi pilihan terbaik. Ya, .xyz ditawarkan dengan harga relatif murah karena ekstensi tersebut memang masih baru dibandingkan ekstensi lain.

  1. Bisa Digunakan oleh Semua Orang

Bukan hanya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, .xyz juga bisa digunakan oleh semua orang. Hal itu karena ekstensi tersebut dibuat untuk generasi X, Y, dan Z. Jadi, .xyz adalah domain yang cocok digunakan oleh orang-orang dari tiga generasi tersebut.

Kekurangan domain XYZ

Di balik kelebihannya, tentu ada kekurangan dari domain xyz tersebut. Beberapa kekurangan domain ini adalah sebagai berikut.

  1. Masih Asing

Karena jumlah pengguna .xyz masih sedikit dibandingkan pengguna ekstensi .com, maka domain .xyz cenderung masih asing. Namun, kekurangan ini bisa menjadi kelebihan karena Anda masih mempunyai banyak peluang untuk mendaftarkan nama domain pilihan dengan ekstensi .xyz.

Banyaknya pilihan nama domain tersebut bisa menjadikan alamat website Anda sesuai dengan niche website. Jadi, Anda akan memperoleh pengunjung website yang sesuai dengan topik website.

  1. Harga Murah di Tahun Pertama

Jika Anda memilih .xyz sebagai ekstensi domain, Anda akan memperoleh harga murah di tahun pertama. Namun, harga tersebut akan meningkat di tahun kedua. Harga perpanjangan di tahun kedua tersebut sama dengan harga domain lain.

  1. Kurang Responsif untuk Perangkat Mobile

Kekurangan lainnya dari .xyz adalah kurang responsif saat digunakan pada perangkat mobile. Padahal, saat ini banyak orang yang menggunakan perangkat mobile untuk keseharian mereka.

Contoh Website dengan Domain XYZ

Banyak perusahaan dunia yang menunjukkan sisi kreatif mereka melalui penggunaan domain xyz. Mereka telah merasakan banyak kelebihan dari penggunaan website .xyz tersebut. Nah, berikut adalah daftar website yang menggunakan domain .xyz.

1. CEO

CEO adalah website .xyz yang dibuat oleh Daniel Negari. Website itu digunakan sebagai blog pribadi oleh Daniel. Anda bisa mengunjunginya di ceo.xyz untuk membaca tulisan pribadi Daniel Negari, si pencipta domain xyz.

2. A&B

A&B adalah agensi digital marketing. Basisnya ada di London dan Mumbai. A&B menggunakan ekstensi xyz sebagai domain website mereka. Sama seperti uMake, website A&B menyajikan berbagai animasi dan video. Ada juga foto-foto klien yang pernah bekerja sama dengan A&B dan ditampilkan dengan cara unik di website mereka.

3. Veldt

Veldt merupakan sebuah perusahaan helm custom yang berasal dari Inggris. Perusahaan tersebut juga menggunakan xyz di alamat website mereka. Dengan penggunaan ekstensi xyz tersebut, Veldt mampu menunjukkan sisi kreatif mereka kepada para pelanggan.

4. Dare 2 Dream

Tak hanya digunakan oleh bisnis saja, domain xyz juga digunakan oleh organisasi. Contohnya adalah organisasi Dare 2 Dream. Seorang pemain basket dan motivator, Harold Lefty Williams, membuat sebuah website amal untuk membantu pendidikan anak-anak. Website tersebut menggunakan domain .xyz. Ini menunjukkan bahwa organisasi bisa menggunakan ekstensi lain selain .org.

5. Social News

Domain xyz juga bisa digunakan untuk membuat website portal berita. Contohnya adalah website berita Social News. Website asal India tersebut membagikan berbagai berita dari dalam dan luar negeri.

Semua berita yang disajikan di website tersebut dibagi ke dalam beberapa jenis rubrik. Namun, kebanyakan artikel atau berita yang disajikan di website itu adalah berita dengan topik film, baik itu film lokal dan film internasional.

Bagaimana? Sudah paham dengan apa itu domain .xyz? Jadi, xyz artinya domain unik yang khusus diciptakan untuk generasi X, Y, dan Z. Oleh karena itu, domain itu disebut sebagai XYZ yang merupakan singkatan dari tiga generasi tersebut.

Jika melihat berbagai kelebihan .xyz, Anda perlu mencoba domain tersebut. Untuk memperoleh domain .xyz yang terbaik, Anda bisa menggunakan layanan domain murah dari OceanHoster. Di OceanHoster, Anda bisa menemukan berbagai nama domain pilihan dengan ekstensi .xyz dan juga menggunakan hosting terbaik. 

Jadi, yuk temukan domain .xyz murah di OceanHoster sekarang dan bangun website unik Anda!

Annisa Fauziyah

A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.