domain .org

Di antara berbagai jenis domain organisasi, domain org adalah domain yang paling banyak digunakan. Ekstensi .org adalah bagian dari Top Level Domain (TLD). Domain tersebut banyak digunakan oleh organisasi. Dengan penggunaan .org, website organisasi akan terlihat lebih kredibel dan profesional.

Namun, Anda tidak bisa sembarangan memperoleh domain .org tersebut karena Anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Jadi, tidak semua orang bisa menggunakan domain org. Jika Anda ingin mengenal domain ini lebih jauh, artikel ini memberikan penjelasan lengkapnya. Jadi, ayo simak ulasannya di sini!

Apa Itu Domain .ORG?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, .org digunakan untuk domain organisasi. Sebenarnya, .org adalah salah satu dari tujuh jenis domain yang pertama kali dirilis pada tahun 1985. Jadi, .org dirilis bersama dengan .com, .net, .gov, .edu, .us, dan .mil.

Ekstensi .org artinya adalah organization (organisasi). Karena itulah, .org memang khusus ditujukan untuk website organisasi seperti komunitas atau lembaga nirlaba. Tak hanya itu saja, .org juga bisa digunakan untuk website yang menyajikan informasi atau software open-source ke publik.

Karena .org termasuk jenis TLD, maka .org juga bisa digunakan oleh siapa saja. Selain itu, situs org juga merupakan situs resmi.

Sejarah Domain .ORG

Domain .org pertama kali dirilis ke publik pada 10 Juli 1958. Dulu, domain ini hanya bisa digunakan oleh organisasi non-profit dan non-komersial. Saat itu, The Mitre Corporation menjadi perusahaan non-profit pertama yang mendaftarkan website dengan ekstensi .org.

Namun, kini .org sudah menempati posisi kedua sebagai domain yang paling banyak digunakan di dunia. Ini menunjukkan bahwa domain org menjadi domain yang paling populer di dunia, bersama dengan domain .com.

Fungsi Domain .ORG pada Website

Fungsi .org adalah menunjukkan identitas website, sama seperti jenis domain lainnya. Bedanya, dulu .org khusus digunakan untuk website organisasi nirlaba atau non-profit. Karena itulah, website yang mempunyai ekstensi .org adalah website milik organisasi yang tidak mencari keuntungan.

Namun seiring perkembangan zaman, .org mulai digunakan oleh berbagai organisasi, bukan hanya organisasi non-profit saja. Bahkan, ada juga bisnis yang menggunakan domain org tersebut.

Hanya saja, website yang menggunakan ekstensi .org akan sulit untuk menunjukkan identitas mereka kepada pengguna karena orang-orang masih menganggap bahwa .org adalah website untuk organisasi nirlaba.

Selain digunakan untuk menunjukkan identitas website, .org juga mempunyai fungsi penting lainnya yang bisa Anda pahami melalui empat poin berikut.

  • Kredibilitas: Penggunaan domain org mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung website dan menegaskan kepada mereka bahwa website tersebut resmi.
  • Edukasi: Menunjukkan kepada pengunjung website bahwa website tersebut memberikan informasi yang kredibel, benar, dan bisa digunakan secara bebas.
  • Representasi: Menunjukkan bahwa website org tersebut adalah milik lembaga non-profit.
  • Penggerak: Jika pengunjung website sudah percaya dengan website tersebut, maka mereka akan termotivasi untuk berpartisipasi dengan aksi dari organisasi seperti berdonasi atau berdiskusi.

Kelebihan Domain .ORG

Domain .org adalah domain yang mempunyai banyak keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari domain tersebut.

Kredibilitas Tinggi

Karena awalnya .org dibuat khusus untuk organisasi nirlaba, maka banyak orang yang menganggap bahwa domain tersebut adalah domain resmi untuk organisasi non-profit. Jadi, organisasi yang menggunakan domain ini sudah pasti mempunyai kredibilitas tinggi.

Lalu, bagaimana jika bisnis ingin menggunakan domain org? Caranya adalah dengan menuliskan identitas bisnis di halaman utama website sehingga pengunjung tidak salah mengira bahwa website itu adalah milik organisasi nirlaba.

Meningkatkan Keamanan

Domain .org adalah domain yang aman karena sudah menandatangani DNS Zone dengan DNSSEC (Domain Name System Security Extensions). Hal tersebut mampu meningkatkan sistem keamanan website.

Banyak Opsi Nama Domain

Meskipun .org adalah domain yang populer, tetapi Anda masih banyak mempunyai banyak peluang untuk menggunakan nama domain sesuai keinginan menggunakan ekstensi tersebut. Hal itu karena pengguna .org tidak sebanyak ekstensi .com.

Berfokus pada Misi

Fokus utama penggunaan domain .org adalah untuk membangun reputasi organisasi di mata pihak lain yang berpotensi besar untuk bekerja sama dengan organisasi tersebut. Contohnya, mendukung misi organisasi.

Lebih Dipercaya

Ekstensi .org selalu diasosiasikan dengan organisasi nirlaba. Oleh karena itu, orang-orang menganggap bahwa website .org adalah website yang menyajikan informasi kredibel. Orang-orang juga lebih percaya dengan website organisasi berekstensi .org dibandingkan organisasi berekstensi .blog.

Kekurangan Domain .ORG

Selain kelebihan yang dimilikinya, domain .org juga mempunyai beberapa kekurangan berikut ini.

Kurang Mobile-Friendly

Ternyata, .org kurang mobile-friendly sehingga pengunjung kurang merasa nyaman saat membuka website .org di perangkat mobile mereka. Umumnya, keyboard smartphone menampilkan ekstensi .com secara otomatis.

Jadi, Anda harus mengetikkan .org secara manual. Meskipun itu bukanlah hal yang benar-benar mengganggu pengguna, tetapi itu menjadikannya kurang efektif.

Penggunaan Terbatas

Meskipun .org bisa digunakan oleh semua jenis website, tetapi pengguna akan lebih menganggap bahwa website .org adalah website organisasi. Oleh karena itu, .org lebih banyak digunakan untuk website organisasi. Hal itu menjadikan penggunaannya cukup terbatas, yaitu hanya untuk organisasi nirlaba.

Syarat Domain .ORG

Jika ingin menggunakan domain org, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di bawah ini adalah syarat-syarat utama untuk mendaftar domain org.

Organisasi Non-Profit

Organisasi non-profit adalah badan hukum yang memberikan kontribusi positif untuk masyarakat tanpa ada tujuan komersial sama sekali. Contohnya adalah organisasi yang bertujuan membantu menyediakan sarana dan prasarana pendidikan secara gratis.

Komunitas Non-Profit

Selain organisasi non-profit, komunitas non-profit juga diperbolehkan menggunakan domain org. Komunitas non-profit adalah komunitas sosial yang tidak berfokus pada keuntungan finansial. Komunitas ini dibangun untuk mendukung sektor tertentu seperti kesehatan, sosial, pendidikan, dan lingkungan.

Lembaga Non-Profit

Lembaga non-profit adalah badan hukum yang didirikan untuk kegiatan pelayanan masyarakat, amal, dan sosial. Jadi, lembaga non-profit juga tidak mencari keuntungan sama sekali. Contoh lembaga non-profit di Indonesia adalah Palang Merah Indonesia yang bertujuan membantu masyarakat yang terdampak bencana, konflik, dan situasi darurat.

Platform Open-Source

Platform open-source adalah penyedia software yang bisa diakses oleh semua orang. Jadi, siapapun bisa melihat, memodifikasi, dan mendistribusikan software tersebut. Contoh platform open-source adalah WordPress.

Kapan Harus Menggunakan .ORG?

Jadi, kapan Anda harus menggunakan .org sebagai domain website Anda? Anda perlu menggunakan domain tersebut jika Anda memenuhi satu dari empat syarat yang sudah dijelaskan di atas. Jadi, Anda bisa menggunakan domain org jika Anda mempunyai lembaga non-profit, organisasi non-profit, komunitas non-profit, atau platform open-source.

Cara Daftar Domain .ORG?

Setelah Anda memahami apa itu domain .org beserta dengan fungsi, kelebihan, dan kekurangannya, kini Anda pasti ingin mengetahui bagaimana cara membuat domain org untuk website Anda. Sebenarnya, cara membuat domain org tersebut sangat simple. Hanya dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut, Anda bisa mendapatkan domain org sesuai keinginan.

  • Pertama, buka layanan domain murah dari OceanHoster. Di laman tersebut, klik Cek Nama Domain.
  • Selanjutnya, cek nama domain yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk menggunakan ekstensi .org. Setelah itu, klik Cari Domain.
  • Jika nama domain yang diinginkan tersedia, Anda akan melihat status Available. Selanjutnya, pilih Order Selected.
  • Kemudian, Anda akan dialihkan ke laman pembayaran. Untuk melakukan pembayaran, lakukan login atau mendaftar akun terlebih dahulu. Lalu, selesaikan proses pembayaran.
  • Jika transaksi tersebut berhasil, Anda bisa mengaktifkan domain tersebut untuk bisa menggunakannya.

Jadi, kini Anda sudah mengetahui berbagai hal mengenai domain org. Intinya, istilah domain org pada internet digunakan bidang organisasi, komunitas, atau lembaga non-profit yang berfokus pada berbagai aspek seperti pendidikan, sosial, lingkungan, dan pelayanan masyarakat. Jika Anda ingin membuat platform open-source, Anda juga bisa menggunakan domain org.

Untuk membangun website dengan ekstensi .org tersebut, Anda juga membutuhkan hosting terbaik agar performa website menjadi optimal. Performa tersebut juga akan meningkatkan pengalaman pengguna yang berpengaruh pada peningkatan trafik website.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk mendaftar domain .org sekarang? Jika iya, OceanHoster siap membantu Anda 24 jam. Kami menyediakan berbagai jenis domain dan layanan hosting terbaik untuk semua kebutuhan website Anda!

Annisa Fauziyah

A professional with over 6 years of experience in the hosting industry, started career as a customer technical support. Customer-obsessed and experienced in the field of IT community relations.